Bidang Pemuda Suku Boeng gelar Rapat penyusunan program dan Seminar Covid 19

  • admin
  • 09/09/2020
  • Komentar Dinonaktifkan pada Bidang Pemuda Suku Boeng gelar Rapat penyusunan program dan Seminar Covid 19

(TOBELO-SN)  Bertempat di kediaman Bendahara Suku Boeng Desa Kusu Lofra Kec Kao, Senin (5/9) Pengurus Bidang Pemuda Suku Boeng (Komunitas Pemuda Boeng) melaksanakan Rapat Penyusunan program kerja Bidang Pemuda Suku Boeng tahun program 2020/2021.

Rapat kerja yang langsung dibuka oleh Sangaji Boeng, Joshua Kojoba dihadiri 58 Orang Pengurus Pemuda Boeng dari 22 Desa se Kao dan Kao utara, Pengurus Komunitas Pemuda Boeng serta sejumlah perangkat adat Boeng.

Sangaji Boeng dalam sambutan pembukaan menyampaikan agar Para pemuda yang tergabung dalam  Komunitas Pemuda Suku Boeng ini secara resmi berada di bawah garis komando Sangaji dan perangkat adat Boeng. “Kalian ini adalah Pengurus bidang Pemuda Suku Boeng yang terikat secara kelembagaan dengan kami. Oleh karena itu saya selaku Sangaji berharap agar program yang disusun nantinya benar benar menjawab kebutuhan pemuda adat Boeng dan selaras dengan program suku yang sudah ada” ujarnya.

Senada Ketua bidang  Komunitas Pemuda adat Boeng Roriwo Bitjara, mengungkapkan niat baik pemuda adat Boeng untuk mensinergikan program pemuda dengan program umum Suku Boeng yang sudah disusun sejak lama.

“Komunitas Pemuda Boeng adalah bagian yang tak terpisahkan dari perangkat adat Boeng, olehnya itu sudah tentu program yang kami susun harus selaras dengan apa yang sudah menjadi program Suku Boeng selama ini” katanya

Lebih lanjut ia menjelaskan dalam rapat tersebut, selain diputuskan sejumlah program yang akan dikerjakan juga dilakukan pengesahan Pengurus Pemuda adat di 22 Desa dalam wilayah adat Boeng.

“Kami sudah mengangkat 5 orang pemuda yang menjadi pengurus Pemuda adat di setiap desa. Mereka nantinya akan ikut mensukseskan program yang sudah kami putuskan dalam rapat ini” ujar Roriwo lebih lanjut.

Dari hasil rapat yang dilaksankan kurang lebih 6 jam ini, berhasil disusun sejumlah program kerja Komunitas Pemuda adat Boeng seperti : Pertemuan rutin bulanan, perayaan Hari besar nasional dan hari besar gerejawi, Ibadah bersama pemuda adat, ikut terlibat dalam pembangunan Rumah adat Suku Boeng yang akan dibangun di Desa Daru serta sejumlah program lain untuk pelestarian adat, tari tarian dan sebagainya.

Dalam rapat tersebut diputuskan juga Komunitas Pemuda Boeng dalam waktu dekat akan mengadakan Perayaan sumpah pemuda, mengadakan Ibadah KKR Pemuda adat di Daru dan Komunitas Pemuda adat Boeng akan  menjadi panitia Perayaan Natal Boeng tahun 2020.

Selesai rapat,  Pengurus mengundang Team rohaniawan dari Jakarta untuk menyampaikan seminar mini yang membahas topik Covid 19 dan iman Pemuda dalam menghadapi pandemik ini.

“Ini langkah luar biasa dari Komunitas Pemuda Adat Boeng, Mereka bukan saja bicara tentang adat tapi juga memberi muatan dan bekal rohani kepada pengurus pemuda adat Boeng supaya dengan iman dapat menghadapi wabah ini dan tidak menjadi takut. Kegiatan kegiatan seperti ini yang harus dilakukan Komunitas Pemuda Boeng lebih banyak lagi ke depan” kata Hard Pangandaheng, bidang Infokom Suku Boeng saat penutupan acara (swj8)