Menu

Mode Gelap

HUKUM · 1 Aug 2022 15:24 WIT ·

Hari ini Julius Lobiua Temui Komisi Yudisial, Polres Halut beri jawaban di PN Tobelo


 Hari ini Julius Lobiua Temui Komisi Yudisial, Polres Halut beri jawaban di PN Tobelo Perbesar

 580 total views,  2 views today

(TOBELO-SN) Untuk memastikan kesungguhan Komisi Yudisial dalam menanggapi permohonan keluarga Isack Bitjara dkk terkait keinginan agar Hakim pemeriksa Pra Peradilan diawasi dan dipantau oleh Komisi Yudisial, maka hari ini Senin (1/8) Advokat senior Julius Lobiua SH MH menemui pejabat Komisi Yudisial di Jakarta.

Dari informasi yang diperoleh wartawan Syallomnews lewat pesan whatsap siang ini, Julius Lobiua mengatakan bahwa surat permohonan pemantauan sidang yang dikirim ke Kantor perwakilan KY di Sulut/Malut sudah diterima. Bakal Calon Bupati Halut 2024 ini memastikan bahwa proses sidang pra peradilan kali ini, Komisi Yudisial meminta beberapa hal.

 “KY akan melakukan pengawasan terhadap Pra perailan ini, semua proses akan didokumentasikan secara baik dan rekaman acara pemeriksaan saksi dan jawab menjawab akan dikirim. Itu hasil kordinasi saya tadi di Kantor KY Jakarta” kata Julius

Kantor Pengadilan Negeri Tobelo

Advokat asli Halut yang sedang menyelesaikan disertasi doktor ilmu hukum tata negara ini berharap dengan adanya pengawasan dan pemantauan persidangan dari Komisi Yudisial maka putusan yang akan dijatuhkan Hakim benar benar putusan yang adil.

“Kalau Hakim dan panitera tahu bahwa persidangan ini diawasi oleh KY maka pasti segala sesuatu bisa jalan sesuai regulasi” ujarnya.

Julius Lobiua memastikan bahwa ia sangat serius mendampingi Isack Bitjara dkk ini sehingga rencananya malam ini ia akan berangkat dari Jakarta ke Sofifi untuk menemui Ketua pengadilan Tinggi Malut mempertanyakan perpanjangan penahanan yang hanya ditandatangani oleh Panitera dan bukan oleh Ketua PN Tobelo.

“Setelah itu mulai Selasa saya akan ikuti sidang ini sampai ada putusan Hakim”

Sementara itu lanjutan sidang Pra peradilan  pagi tadi dengan agenda mendengar jawaban termohon dari Pihak Polres Halmahera Utara.

Dalam jawaban yang dibacakan kuasa termohon dijelaskan bahwa penanganan kasus yang dilakukan terhadap ketiga pemohon, termohon sudah melakukan sesuai dengan prosedur  hukum yang berlaku sebagaimana yang dijelaskan dalam UU no 8 tahun 1981 tentang KUHAP, UU no 1 tahun 1946 tentang KUHP, Peraturan Kapolri no 6 tahun 2019 serta putusan MK no 21 /PPU-xii/2014

“Adapun tindakan tindakan hukum yang telah dilakukan oleh Termohon terhdap diri pemohon 1,2 dan 3 itu dimulai dari proses penyelidikan, sampai dengan proses penyidikan dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah dan asas persamaan di muka hokum” ujar kuasa Termohon  dalam eksepsinya

Di ahir eksepsi Termohon setebal 10 halaman itu, Kuasa termohon meminta kepada Hakim pemeriksa untuk menolak sebagian atau keseluruhan gugatan pemohon karena obyek gugatan pemohon tidak mempunyai dasar hukum serta menyatakan segala tindakan hukum termohon dalam proses penyidikan, penetapan tersangka, penangkapan dan penahanan oleh termohon terhadap diri para pemohon sudah sangat tepat berdasarkan KUHAP.

Sidang akan dilanjutkan Selasa (2/8) dengan agenda Replik Pemohon. Sidang Pra peradilan ini dipimpin Hakim tunggal Muh Salim Hafidi SH. (mkh11)

 

 

Facebook Comments Box

Artikel ini telah dibaca 96 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Masyarakat Adat Minamen Saolat Halmahera Timur Boikot Jalur Logistik Perusahaan Tambang

5 October 2022 - 07:07 WIT

Masyarakat Dua Desa di Halmahera Timur Blokade Aktivitas Pertambangan PT.IWIP dan PT.WBN

3 October 2022 - 07:49 WIT

Aneh ! Sonia, Didatangi dan dipukul di rumahnya sendiri malah  jadi tersangka dan ditahan di Polres Halut

28 August 2022 - 12:52 WIT

Astaga, Dua anak usia 6 tahun kembali jadi korban Percabulan di Halut

19 August 2022 - 09:43 WIT

Jurjen Soenpiet, Politisi Senior PDI  dan Tokoh Gereja Maluku Utara Tutup Usia

16 August 2022 - 12:26 WIT

Disperindag Halut Gratiskan Sidang Tera Alat ukur Timbang di Lokasi Pameran

12 August 2022 - 18:46 WIT

Trending di HUKUM