Ir Niklas Kojoba Gantikan Ayahnya Jadi Sangaji Boeng

  • admin
  • 13/10/2020
  • Komentar Dinonaktifkan pada Ir Niklas Kojoba Gantikan Ayahnya Jadi Sangaji Boeng

(TOBELO-SN)  Bertempat di Sekretariat Suku Boeng, Desa Doro Kec Kao Utara, Jumat (9/10) siang berlangsung acara pengumuman pengunduran diri Sangaji Boeng Jhosua Kojoba. Pengumuman itu disampaikan dalam acara Musyawarah Adat Suku Boeng yang dihadiri sekitar 100 Orang Pengurus Adat  dari 20 Desa. Nampak juga Pengurus KIPAS (Komunitas Pemuda Suku Boeng) yang adalah wadah resmi Pemuda Suku Boeng hadir sebagai peserta di acara tersebut.

Dalam kata kata pengunduran dirinya, Sangaji Jhosua Kojoba mengatakan, setelah 5 tahun ia memimpin Suku Boeng maka sekarang sudah waktunya menyerahkan kepemimpinan kepada generasi yang lebih muda.

Menurutnya, keluarga besar Sangaji sudah mengadakan pertemuan internal dalam keluarga beberapa waktu lalu dan telah ada kesepakatan bahwa anak tertua Ir Niklas Kojoba yang ditetapkan menggantikannya.

“Tugas tugas Sangaji ke depan akan semakin berat. Karena itu saya merasa Usia sudah sangat tua sehingga perlu diganatikan oleh penerus yaitu anak saya yang masih cukup gesit bekerja” kata Jhosua.

Musyawarah yang berlangsung selama 1 jam itu, dipimpin oleh Sangaji Boeng, Sekretaris Boeng Dominggus Isack Bitjara dan Bendahara Suku Boeng Pdt Sefnat Pawatte dengan agenda tunggal penyerahan kepemimpinan

Sangaji.

Sebelumnya, Sekretaris Suku Boeng Dominggus Isack Bitjara menjelaskan kepada peserta Musyawarah tentang kedudukan Pasal 7 Anggaran Dasar Suku Boeng yang termuat dalam Akta Notaris pendirian Suku Boeng.

“Pasal 7 jelas berbunyi kepemimpinan Suku Boeng berdasarkan garis keturunan. Tradisi kesultanan Ternate juga dengan model yang sama. Oleh karena itu tidak ada cara lain untuk pergantian Sangaji Boeng kecuali dengan digantikan anaknya yang bersedia” katanya.

Penjelasan tersebut spontan menghentikan riak riak yang terjadi di awal Musyawarah di mana ada sebagian kecil Pengurus Adat Desa yang menginginkan Pemilihan Sangaji secara terbuka.

Tidak memakan waktu yang panjang, setelah itu dilakukan Penandatanganan Berita Acara serah terima yang dilakukan dari Sangaji Jhosua Kojoba ke Ir Niklas Kojoba, disaksikan anak anak dan cucu Jhosua Kojoba serta peserta Musyawarah

Selesai itu dilanjutkan acara tarian kebesaran dan sukacita Cakalele, tide tide dan Makan siang bersama.

Direncanakan setelah semua kelengkapan dokumen rampung, hasil musyawarah ini akan dibawa ke Kesultanan Ternate untuk dilakukan pelantikan serta penobatan oleh Putra Sultan Hidayat Mudaffar Syah. Setelah itu akan dilakukan perubahan di SK Kementrian Hukum dan HAM tentang kedudukan sangaji Boeng yang baru, sementara Jhosua Kojoba diangkat menjadi Mahimo Suku Boeng (ajt8)