Menu

Mode Gelap

TERBARU · 2 Dec 2022 17:07 WIT ·

LBH Rakyat Halut dan Julius Lobiua SH MH adakan penyuluhan Hukum di Lapas Gorua Besok


 Foto Penanda tanganan MOU antara Lapas Klas IIB Tobelo dengan LBH Rakyat Halut beberapa waktu lalu Perbesar

Foto Penanda tanganan MOU antara Lapas Klas IIB Tobelo dengan LBH Rakyat Halut beberapa waktu lalu

 516 total views,  2 views today

(TOBELO –SN)  Menindaklanjuti Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani bulan lalu antara Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tobelo dengan Lembaga Bantuan Hukum Rakyat Halut, maka besok  Sabtu (3/12) LBH Rakyat Halut akan mengadakan Penyuluhan Hukum bagi para Narapidana dan tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tobelo, Desa Gorua.

Kepada para Napi dan Tahanan akan diberikan penyuluhan hukum tentang UU no 16 Tahun 2011 tentang bantuan Hukum gratis bagi masyarakat miskin.

Yang akan memberikan materi ini adalah Advokat senior asal Halut yang berkiprah di Jakarta Julius Lobiua SH MH.

Ketua LBH Rakyat Halut Egbert Hoata SH kepada sejumlah wartawan di sekretariat Desa Wari, Jumat (2/12) siang mengatakan kegiatan penyuluhan Hukum ini adalah bagian dari kegiatan non litigasi yang sudah dilakukan LBH Rakyat Halut selama ini di berbagai tempat.

“Karena kami baru saja menandatangani MOU dengan Lapas Klas IIB Tobelo, maka kami mulai buat penyuluhan Hukum di sana mulai Sabtu besok dan nantinya akan dibuat rutin 3 bulan sekali” kata Egbert

Menurutnya, yang dihadirkan sebagai narasumber adalah Julius Lobiua SH MH yang selama ini juga diketahui salah satu Pengacara yang banyak membantu masyarakat miskin baik di Ibukota Jakarta dan juga di Halmahera utara.

Sementara mengenai Posko konsultasi Hukum yang akan disediakan di Lapas Gorua, Egbert mengatakan kalau Ruang konsultasi Hukum itu sudah disediakan oleh Lapas Gorua dan pengacara LBH Rakyat Halut sudah mulai berkantor sejak tanggal 1 Desember ini.

“Bagi masyarakat Halut yang keluarganya sementara jadi tahanan Jaksa di lapas, silahkan sampaikan ke mereka. Pengacara LBH Rakyat Halut sudah punya ruang khusus di Lapas dan mereka bisa konsultasi setiap waktu dengan kami di sana. Bahkan kami juga siap menjadi penasehat Hukum dengan gratis, jika mereka mau didampingi oleh LBH Rakyat Halut” ujar Pengacara yang juga Pemilik media PT Radio Suara Syallom Indoonesia Tobelo ini.

Sementara itu Julius Lobiua SH MH yang dihubungi lewat Pesan Whatshap Jumat sore mengatakan materi penyuluhan Hukum yang akan dibawakannya besok itu sangat penting dan wajib diketahui oleh para tahanan dan juga Napi.

“Selama ini khan masyarakat miskin dalam mempertahankan hak hukumnya kadang terbentur dengan persoalan biaya. Sering mereka hanya pasrah karena merasa tidak mampu membayar jasa pengacara. Mereka tidak tahu kalau negara ada menyediakan biaya bantuan hukum untuk mereka, Ini yang saya mau jelaskan dalam penyuluhan nanti” kata Julius Lobiua melalui pesan singkat WA kepada Syallomnews.

Julius Lobiua SH MH, Pengacara senior Asal Halut yang berkiprah di jakarta yang akan menjadi narasumber Penyilihan Hukum

Julius berharap dengan para tahanan dan Napi  memahami soal ini, mereka bisa dengan tanpa ragu meminta bantuan hokum dengan Cuma Cuma.

“Apalagi di Lapas Tobelo ini sekarang sudah ada LBH Rakyat Halut yang diberikan ruangan khusus dan siap membantu para tahanan. Saya sangat apresiasi dengan Kalapas Tobelo dan staf yang sudah membuat MOU dengan LBH Rakyat Halut. Ini sebuah langkah sangat baik dalam membantu tahanan yang masuk kategori masyarakat miskin” katanya (bert07)

Facebook Comments Box

Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jubir Pemda Halut Klarifikasi pemberitaan jalan multiyears Galela-Loloda oleh media tribuns news Ternate

4 February 2023 - 15:30 WIT

Kapolres Halut beri penjelasan soal penangkapan Orang Dengan gangguan jiwa yang diduga Penculik anak di Pasar Wosia

1 February 2023 - 22:29 WIT

Aktifis Perlindungan Anak Wari Kecewa Kinerja Polres Halut, LBH Rakyat Halut hari ini Kirim surat Pengaduan Ke Aris Merdeka Sirai

31 January 2023 - 08:52 WIT

Sosialisasikan kegiatan perlindungan perempuan dan anak, DP3AKB Halut tanda tanggan Kontrak MOU dengan Radio Syallom

25 January 2023 - 15:31 WIT

Pasca Banjir Rob Di Desa Wosia, Satgas Satuan Organik Yonarhanud 3/Yby Bantu Buat Tanggul Sementara Penahan Air di Bibir Pantai

20 January 2023 - 11:33 WIT

Dinas P3AKB Halut gelar Metode Kontrasepsi Jangka Panjang bagi Keluarga Berencana secara gratis.

20 January 2023 - 05:10 WIT

Trending di TERBARU