Pemuda Boeng gelar beragam kegiatan sambut Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan 2020

  • admin
  • 06/11/2020
  • Komentar Dinonaktifkan pada Pemuda Boeng gelar beragam kegiatan sambut Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan 2020

(TOBELO-SN) Komunitas Pemuda Adat Suku Boeng (KIPAS) yang adalah wadah resmi pemuda adat Boeng, memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan tahun 2020 akan menggelar sejumlah kegiatan yang melibatkan para pemuda dari 20 desa dalam wilayah adat Boeng.

Kepada sejumlah wartawan di sekretariat Suku Boeng Desa Doro, Jumat (6/11) Ketua KIPAS Boeng Roriwo Bitjara mengatakan,  kegiatan yang akan dilaksanakan ini bertujuan untuk melestarikan nilai nilai adat Boeng di kalangan generasi muda.

“Sejumlah kegiatan yang akan kami mulai besok itu diantaranya pemilihan Goduru  dan Moholehe Boeng, musik Yangere, Cakalele dan Tide Tide  serta Pop Singer lagu daerah.  Ini semua tujuannya untuk menanamkan kembali  nilai nilai adat dan tradisi yang sudah mulai punah di kalangan pemuda Boeng. Bertepatan juga momentnya dengan Peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan, jadi ini moment yang sangat penting untuk kami gelar kegiatannya”

Bendahara KIPAS Boeng, Herlina Mayoru mengatakan bahwa para pemenang sejumlah lomba dalam kegiatan ini akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah

“Puji Tuhan, dana pelestarian adat dari NHM yang diberikan kepada Pengurus adar Suku Boeng, disalurkan juga kepada kami KIPAS Boeng sehingga kami bisa berkegiatan untuk pelestarian adat di kalangan Pemuda Boeng” Ujarnya

Herlina berharap hadiah uang tunai yang akan diterima pemenang dapat juga digunakan untuk pengadaan peralatan musik adat di desa desa yang nantinya bisa dipakai oleh pemuda saat ada acara adat.

Sementara itu sekretaris KIPAS Boeng, William Pawatte tak ketinggalan mengatakan bahwa kegiatan kali ini yang digelar hanya diperuntukan bagi pemuda adat Suku Boeng saja.

“Ini masih sifatnya interen di kalangan Pemuda Boeng saja dulu. Jika Tuhan kehendaki, tahun depan kami bisa mengundang Pemuda adat 3 Suku lainnya di Kao supaya bisa lebih ramai”.

William melanjutkan, “Para pemenang dalam sejumlah lomba ini akan diutus mewakili Pemuda Boeng di event sejenis jika KIPAS diundang. Sementara untuk yang menjadi juara Goduru  dan Moholele Boeng, akan kami libatkan dalam kegiatan kegiatan Suku Boeng seperti menjadi penjemput tamu kehormatan di acara adat dll”.

Saat disinggung mengenai jadwal lomba, William memaparkan Sabtu 7 Nop Jam 09 30 acara pembukaan, sorenya jam 17 00 Lomba Cakalele serta Musik Yangere. Senin 9 Nop Jam 17 00 Lomba Pop Singer Lagu daerah serta Tide tide. Dan malamnya lomba Pemilihan Goduru dan Moholehe Boeng. Penutupan seluruh acara dan penyerahan Hadiah bagi para pemenang akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember.

“Semua kegiatan berpusat di Gedung kesenian Kao. Puji Tuhan. peserta yang mendaftar lumayan banyak dari desa desa di wilayah Boeng. Ini membuktikan bahwa ada banyak potensi pemuda Boeng yang bisa dikembangkan dalam pelestarian adat”.

Di ahir konprensi pers, Ketua KIPAS Boeng Roriwo Bitjara mengundang para pemuda adat dari desa desa untuk bisa meramaikan acara pembukaan Sabtu (7/11)

“Mari teman teman Pemuda adat Boeng. Ini acara kita bersama. Acara yang diselenggarakan oleh lembaga Pemuda adat Boeng yang sudah memiliki legitimasi Hukum jelas karena di SK kan oleh Sangaji Boeng. Kita sama sama buktikan bahwa Pemuda adat Boeng yang tergabung dalam KIPAS adalah benar benar wadah pemuda adat Boeng yang serius melestarikan adat dan tradisi” ujarnya mengahiri percakapan. (ajt8)