Menu

Mode Gelap

TERBARU · 31 Oct 2022 19:18 WIT ·

Sekda Halut resmikan Gereja GMIH Petrus baru Gorua senilai 1,3 milyar hari ini


 Gedung Gereja GMIH Jemaat Petrus Baru Gorua yang baru diresmikan Perbesar

Gedung Gereja GMIH Jemaat Petrus Baru Gorua yang baru diresmikan

 476 total views,  2 views today

(TOBELO-SN) Gereja GMIH Jemaat Petrus baru Gorua  pagi ini  ditahbiskan dan diresmikan penggunaannya oleh Sekretaris Daerah Halmahera utara, Drs EJ Papilaya MP.

Gedung gereja yang dibangun dengan menghabiskan anggaran sekitar 1,3 milyar ini mulai dibangun sejak 15 Mei 2015 lalu, pasca perpecahan dualisme Sinode GMIH.

Ketua BPHS GMIH Menyerahkan SK aset gereja kepada Ketua Jemaat GMIH Petrus Baru Gorua Pdt Gustaf Kumi Kumi

Jemaat Petrus Baru Gorua adalah jemaat yang secara langsung berafliasi ke BPHS GMIH Jl Kawasan pemerintahan vak 1 (Sekarang Pusat Layanan GMIH WKO) yang dipimpin oleh Pdt Lewian Sambaimana M Th pada waktu itu.

Acara peresmian dihadiri oleh sekda halut. Drs E. J  Papilaya, ketua DPRD Halut Janlis Kitong, ketua sinode GMIH Pdt  Anselmus Puasa M Th, Ketua Badan Pertimbangan Sinode GMIH Ir. Hein Namotemo, Mantan Sekda Halut Dr Piet Hein Babua, mantan Pendeta jemaat Petrus Gorua Pdt Meyane Mahura S Th dan para jemaat yang diperkirakan 500 ratusan orang.

Setelah melewati masa pembangunan selama 7 tahun 5 bulan 11 hari,  akhirnya pada tanggal 31 Oktober 2022 bertepatan dengan hari Reformasi, gedung gereja Petrus baru Gorua resmi dibuka dan ditahbiskan. Penandatanganan prasasti dilakukan oleh Ketua BPHS GMIH dan Pemkab Halmahera Utara. Sedangkan pembukaan pintu gereja dilakukan oleh Khadim pemimpin Ibadah syukur Pdt Grace Rubawange S Th.

Acara diawali dengan ibadah pembukaan dihalaman depan gedung gereja baru yang dipimpin oleh ketua BPHJ Petrus baru Gorua Pdt. Gustaf Kumi-Kimi S. Th. Selanjutnya arak-arakan rombongan menuju gedung gereja baru

Dalam proses pembangunan gedung gereja Petrus baru Gorua ini terdapat kendala kendala yg dihadapi salah satunya dari sisi ekonomi jemaat namun panitia tetap bersemangat untuk mencari solusinya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh ketua panitia peresmian Penatua Misraim Gitaamok. Ia mengatakan dengan swadaya jemaat dengan 90 kepala keluarga, mereka bisa mengupayakan dana sebesar Rp 1 375 000 000 untuk membangun Gedung gereja dengan ukuran luas 12 x 30 meter ini.

“Sebuah kebanggaan bagi kami jemaat Petrus baru  Gorua bahwa dana 1,3 milyar itu adalah usaha swadaya jemaat sendiri dengan tanggung jawab kepada setiap keluarga. Ada lelang lelang, pinjaman dari CU Pembaharuan, donatur dan dari pemerintah propinsi dan Kabupaten Halut hanya Rp 115 000 000. Itu berarti bahwa 95 % biaya pembangunan ini adalah usaha jemaat kami” katanya.

Para Pelayan Tuhan di Jemaat Petrus Baru Gorua

Juga ia berharap semoga dengan adanya gedung yang megah ini jemaat semakin bertumbuh dalam iman percaya kepada Tuhan Yesus Kristus

Harapan yang sama juga disampaikan oleh ketua BPHJ Petrus Gorua Pdt. Gustaf Kumi Kumi S.Th. Ia berharap agar sesuai dengan namanya Jemaat Petrus Baru Gorua bisa beribadah di tempat yang megah ini tapi juga iman mereka akan semakin kokoh di tengah tengah tantangan jaman yang ada saat ini.

“Di atas batu karang itulah Tuhan Yesus membangun jemaatnya. Maka sebagai Pimpinan jemaat saya berharap jemaat Petrus Gorua ini akan menjadi jemaat yang kokoh di tengah tatangan jaman yang dihadapi di masa mendatang”

Pdt Gustaf juga menyampaikan terima kasih kepada semua Pihak yang sudah mendukung pembangunan gedung gereja ini hingga bisa diresmikan hari ini

Peresmian Gedung gereja GMIH Petrus baru Gorua ini juga direspon oleh Ketua DPD Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) Halmahera Utara, Ferdy Tuyu S Pd yang hadir di acara ini. Kepada Syallomnews setelah acara peresmian, Ferdy Tuyu menyampaikan selamat mewakili DPD MUKI Halut kepada Jemaat GMIH Petrus Baru Gorua atas peresmian gedung gerejanya. Sembari ia memberikan apresiasi dan rasa bangga karena dengan jemaat yang masih tergolong tidak banyak, hanya sekiatr 90 kepala keluarga, mereka bisa membangun Gedung gereja seharga 1,3 milyar rupiah.

“Jemaat GMIH Petrus baru Gorua sudah membuktikan bagi kita umat Kristen di Halmahera Utara bahwa gereja itu punya potensi luar biasa. Kalau bisa dimaksimalkan, semuanya bisa terwujud, Bayangkan anggaran pembangunan Gereja sebesar 1,3 milyar bisa dikerjaan hanya dengan 90an kepala keluarga. Itu menjadi inspirasi bagi kita semua. Gereja punya potensi besar dalam hal dana. Jangan bergantung pada orang lain. Selamat ya buat Jemaat GMIH Petrus baru Gorua yang sudah menjadi inspirasi bagi kami juga” ujarnya (mkh11)

Ferdy Tuyu S Pd, Ketua DPD MUKI Halmahera Utara

Facebook Comments Box

Artikel ini telah dibaca 78 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Penyuluhan Hukum di Lapas Klas IIB Tobelo, Ada Tahanan bertanya Kenapa Jaksa suka menunda Pembacaan Tuntutan ?

5 December 2022 - 05:15 WIT

Warga Sangaji Jaya Prihatin Kondisi Jalan Kao Barat

4 December 2022 - 11:02 WIT

LBH Rakyat Halut dan Julius Lobiua SH MH adakan penyuluhan Hukum di Lapas Gorua Besok

2 December 2022 - 17:07 WIT

Diskusi Forum Peduli GMIH Hasilkan sejumlah Pikiran Kritis, “Stop setor 30% ke Sinode”

23 November 2022 - 20:41 WIT

Target Jadi Pemenang Pileg 2024 Gantikan Demokrat, Gerindra Halut Adakan Rakorcab

22 November 2022 - 20:53 WIT

Besok, Forum Peduli GMIH  kumpul 1000 presbiter se Malut Untuk Diskusi masalah GMIH

21 November 2022 - 07:04 WIT

Trending di TERBARU