Menu

Mode Gelap

TERBARU · 5 Oct 2022 05:16 WIT ·

Sekolah Manggala Perkasa Rayakan Ulang Tahun ke 10, Setumpuk harapan dititipkan Padanya


 Suasana Perayaan Ulang Tahun Sekolah Manggal Perkasa Tobelo, Senin (3/10) Perbesar

Suasana Perayaan Ulang Tahun Sekolah Manggal Perkasa Tobelo, Senin (3/10)

 476 total views,  2 views today

(TOBELO – SN) Acara perayaan ulang tahun sekolah Manggala Perkasa yang ke 10 tahun berlangsung meriah. Acara yang bertempat di Gedung Gereja GBI YESUS ITU TUHAN itu dihadiri oleh ratusan orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dengan tema “Thank you Jesus”. Acara dilaksanakan Senin t3 Oktober 2022 Sore.

Acara dimulai dari jam 5 sore wit dan dibuka oleh sambutan dari sekertaris daerah Halut Drs. E. J Papilaya.

Sekretaris Daerah, Drs. E J Papilaya MTP, dalam sambutannya mengatakan bahwa Manggala adalah manusia yang harus hidup untuk terus berkarya, manusia yang tangguh dan merupakan pejuang, serta menjadi manusia yang terus berjuang untuk menggapai cita citannya.

Menurutnya, peringatan ulang tahun ke-10 ini menjadi sebuah makna spirit atau kekuatan baru bagi kita semua untuk terus memberikan karya dalam dunia pendidikan .

Tak lupa pula mewakili Pemerintah daerah Halmahera Utara, ia menyampaikan ucapan selamat” Selamat untuk sekolah manggala dan sukses untuk kita semua dan tetap terus bekarya dalam dunia pendidikan”, Ucap Sekda.

Kemudian acara dilanjutkan penampilan tarian cakalele dan musik yanger dari murid-murid sekolah Manggala Perkasa dan dilanjutkan dengan ibadah. Firman Tuhan dalam ibadah tersebut disampaikan oleh Pdt Ridelfi  Pudinaung M Th dengan thema  khotbah “Tangisan Yusuf”. Setelahnya kembali dilanjutkan dengan penampilan pujian dan tarian dari murid-murid sekolah manggala perkasa. Setelahnya dilanjutkan dengan acara Pembakaran lilin ulang tahun yang dibakar oleh 10 orng perwakilan baik pengurus yayasan, kepala sekolah, pemerintah, donatur, murid dan alumi sekolah Manggala perkasa. Dalam acara pembakaran lilin ini juga dirangkaikan perayaan ulang tahun pendiri sekolah Manggala Perkasa ibu Yani Arimbi yang berhari ulang tahun di tanggal 2 Oktober kemarin.

Acara ini diramaikan dengan penampilan yang luar biasa dari murid-murid sekolah Manggala Perkasa yang menampilkan gaya berpakaian sesuai dengan cita-cita dari anak anak ini kedepannya.

Acara yang megah dan luar biasa ini sempat mengalami kendala pada saat latihan. Hal ini disampaikan oleh Rein Peleu selaku Ketua Panitia saat ditemui oleh wartawan syallom news di lokasi acara. “Kalo kendala yang dihadapi yaitu pada saat persiapan acara latihan khususnya karena anak-anak belajar dari pagi sampai jam 2, ada yang sampai jam 3 setelah itu lanjut dengan latihan, jadi kendala yang paling utama itu disitu, kalo yang lain kita tidak terlalu berat” ujarnya. Ia juga mengharapkan agar sekolah ini menjadi jawaban untuk kebutuhan pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu. “Semoga Manggala menjadi jawaban untuk kebutuhan pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu, karena mungkin orang lain berpikir manggala itu mahal, tapi sebenarnya menurut data dari yayasan itu kurang lebih 55% dari seluruh total anak didik yang belajar di manggala itu disubsidi oleh yayasan, jadi tidak semua anak didik dimanggal itu bayar, harapan saya semoga manggala kedepannya bisa menyentuh kehidupan orang-orang yang membutuhkan pendidikan yang berkualitas” tambahnya.

Rasa syukur atas pertambahan usia sekolah Manggala Perkasa yang ke 10 Tahun disampaikan oleh Ketua Yayasan Maria Van Djiken Soenpiet dan pendiri sekolah Manggala Perkasa ibu Yani Arimbi. Ia juga berharap semoga dari sekolah ini lahir pemimpin-pemimpin dimasa depan. “Usia 10 Tahun perayaan sekolah manggala perkasa menurut saya luar biasa,  saya merasakan kehadiran Tuhan sesuai dengan kerinduan saya membawa dan mengajak guru-guru dan anak-anak membawa ucapan syukur lewat karya tarian, pujian dan penyembahan. Itulah kesaksian kami 10 tahun kami merasakan pertolongan dan penyertaan Tuhan setiap Hari, kenapa? Karena sekolah kami selalu memulai dengan Tuhan dan mengakhiri juga dengan Tuhan  dan puncaknya tadi Tuhan bener-bener hadir memberkati kita semua. Harapan saya sesuai dengan mimpi yang Tuhan taruh akan lahir pemimpin pemimpin besar dimasa depan. Dan 20 tahun kedepan sesuai dengan mimpi yang Tuhan tahu bahwa lewat hidup saya sesuai dengan panggilan saya, anak-anak saya akan memimpin negeri ini dan membawa perubahan yang jauh lebih baik” ujar Yani

Suasana haru sangat terasa pada akhir acara ketika para dewan guru bersama murid-murid mempersembahkan pujian berjudul”goodness of God” dan pada puncaknya para orang tua diminta untuk mendoakan anak anaknya. Disinilah momen yang sangat menyentuh hati anak anak, terlihat juga beberapa anak-anak yang orang tuanya tidak hadir dirangkul oleh para guru-guru.

Sepwerti diketahui, Sekolah Manggala Perkasa didirikan atas Visi yang Tuhan taruh di hati pasangan suami isteri Stewar Soenpiet dan Yani Arimbi beberapa belas tahun yang lalu. Mereka diberikan mimpi untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang handal dengan harapan nantinya lulusannya akan menjadi pemimpin pemimpin di bangsa ini dan daerah Maluku Utara.

Lewat perjuangan yang cukup panjang dan melelahkan, ahirnya hingga saat ini Sekolah Manggala Perkasa ada untuk jenjang TK, SD, SMP dan SMK Pariwisata. Mereka sudah memiliki ratusan murid saat ini. Dengan didukung fasilitas belajar mengajar yang nyaman.

Berkaitan dengan Ulang tahun ke 10 Sekolah unggulan Manggala Perkasa ini, Ketua DPD Majelis Umat Kristen Indonesia Halmahera Utara, Ferdy Tuyu S Pd menghimbau kepada Pemerintah Halmahera Utara untuk bisa memberikan perhatian yang lebih banyak lagi kepada sekolah ini. Sebab Sekolah Manggala Perkasa ini bukan sekolah mewah. Banyak siswanya yang justeru mendapat subsidi dan keringan biaya sekolah. Apalagi sekolah ini, menurut ketua MUKI Halut, sudah banyak mengharumkan nama Halut dalam lomba pendidikan tingkat propinsi dan nasional.

“Sudah waktunya saat ini Pemkab Halut ikut memberikan perhatian lebih maksimal kepada sekolah ini sebab kita tahu banyak anak anak tidak mampu di daerah ini yang diberikan kesempatan bersekolah di sini. Mereka diberikan kesempatan mendapat pendidikan berkualitas di dini. Dan sudah terbukti, sekolah Manggala Perkasa Tobelo telah ikut mengharumkan nama Halut dengan menjadi pemenang dalam berbagai kegiatan pendidikan selama ini” katanya.

Hal senada diungkap oleh Ketua LBH Rakyat Halut Egbert Hoata SH. Sembari mengucapkan selamat atas Ulang tahun Sekolah Manggala Perkasa, ia juga menghimbau agar Pemkab termasuk juga legislatif lebih memberikan perhatian terhadap sekolah ini dengan membantu infrastruktur belajar mengajar supaya semakin banyak anak anak dari kalangan kurang mampu yang bisa ditampung di sekolah ini.

“Saya senang sekali karena dalam doa pagi di Tugu Nusantara beberapa waktu lalu, Ketua DPRD Halut Pak Janlis Kitong di depan sejumlah Hamba Tuhan waktu itu sudah menjanjikan akan membantu Ruang kelas baru (RKB) buat sekolah Manggala Perkasa di APBD Perubahan ini dan siap membantu pembangunan beberapa Gereja yang hamba Tuhannya hadir saat itu. Saya harap agar Pak Ketua DPRD Halut bisa merealisasikan janji tersebut dengan berkordinasi instansi terkait. Sebab janji itu sudah kami doakan. Jadi saya mendorong janji itu harus diwujudkan sebab Sekolah Manggala ini punya Visi besar menghasilkan pemimpin pemimpin di masa depan. Jadi seharusnya kita bersama, termasuk anggota DPRD dan pemkab Halut menopang mereka dari sisi fasilitas RKB Baru juga” katanya.(mkh011)

 

Facebook Comments Box

Artikel ini telah dibaca 75 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Penyuluhan Hukum di Lapas Klas IIB Tobelo, Ada Tahanan bertanya Kenapa Jaksa suka menunda Pembacaan Tuntutan ?

5 December 2022 - 05:15 WIT

Warga Sangaji Jaya Prihatin Kondisi Jalan Kao Barat

4 December 2022 - 11:02 WIT

LBH Rakyat Halut dan Julius Lobiua SH MH adakan penyuluhan Hukum di Lapas Gorua Besok

2 December 2022 - 17:07 WIT

Diskusi Forum Peduli GMIH Hasilkan sejumlah Pikiran Kritis, “Stop setor 30% ke Sinode”

23 November 2022 - 20:41 WIT

Target Jadi Pemenang Pileg 2024 Gantikan Demokrat, Gerindra Halut Adakan Rakorcab

22 November 2022 - 20:53 WIT

Besok, Forum Peduli GMIH  kumpul 1000 presbiter se Malut Untuk Diskusi masalah GMIH

21 November 2022 - 07:04 WIT

Trending di TERBARU