Menu

Mode Gelap

HUKUM · 5 Aug 2022 04:37 WIT ·

Sidang Pra Peradilan, Isack Bitjara dkk tak bisa dihadirkan sebagai Saksi


 Sidang Pra Peradilan, Isack Bitjara dkk tak bisa dihadirkan sebagai Saksi Perbesar

 624 total views,  4 views today

(TOBELO – SN) Lanjutan sidang pra peradilan terhadap Kapolres Halmahera utara dengan pemohon Dominggus Isack Bitjara dan kawan kawan dilaksanakan hari ini Kamis (4/8)  pagi di Pengadilan negeri Tobelo, dengan agenda pemeriksaan saksi. Sayangnya,  acara pemeriksaan saksi ini tidak bisa terlaksana

Pemeriksaan saksi dalam sidang kali ini tidak bisa terlaksana karena saksi yang akan dihadirkan oleh penasihat Hukum yaitu Dominggus Isak Bitjara, Ebeneiser Bitjara dan Yulis Laranga berstatus tersangka  ada dalam tahanan Polres Halut.

Sempat terjadi debat yang cukup panjang dalam persidangan sebab Julius Lobiua SH MH selaku penasehat hukum ngotot bahwa surat permohonan ijin dikeluarkannya ketiga tersangka sebagai saksi dalam sidang kali ini, sudah disampaikan kepada Ketua Pengadilan negeri Tobelo tanggal 2 Agustus lalu.

Kantor Pengadilan Negeri Tobelo

Hakim tunggal Muh Salim Hafidi SH memberikan tanggapan bahwa hakim tidak memiliki kewenangan menghadirkan ketiga tersangka, sebab beban menghadirkan saksi ada di para pihak. Dan hak mengeluarkan ketiga tersangka ada di wewenang termohon.

Dari jawaban yang disampaikan kuasa termohon dalam sidang, dinyatakan bahwa ketiga tersangka tidak diijinkan hadir sebagai saksi dan tidak diijinkan dikeluarkan dari tahanan karena dinilai tidak koperatif dalam pemanggilan awal

Julius lobiua setelah sidang kepada wartawan syallomnews Berthy Timisela mengatakan rasa sesalnya karena ketiga saksi mahkota tersebut tidak bisa dihadirkan.

“Dalam Pra peradilan ini yang mau diuji itu khan dalam dalil kami yaitu penetapan tersangka atas Isack Bitjara dkk yang dalam analisa kami berdasarkan dokumen tertulis yang kami miliki diduga dilakukan sebelum pemeriksaan para calon tersangka. Jadi yang mau kami hadirkan sudah tentu mereka bertiga. Mestinya Hakim pemeriksa berdarkan surat poermohonan kami itu bisa memerintahkan penyidik menghadirkan Isack Bitjara dkk, Bukan malah menyerahkan keputusannya pada penyidik, Pastilah mereka tidak mau, sebab penjelaskan ketiga tersangka ini sebagai saksi mahkota akan memperkuat dalil kami tentang tidak sahnya penetapan tersangka” katanya.

Kuasa Hukum termohon Ipda  Iwan Duwila SH  yang ditanya syallomnews menyarankan agar syallomnews meminta tanggapan langsung dari humas Polres Halut. Hanya sayangnya sampai berita ini diturunkan jam 22 00 wit, wartawan Syallomnews belum mendapatkan konfirmasi langsung dari bagian humas polres Halut.

Sidang tadi juga dihadiri 16 ketua dewan adat desa Boeng dan sejumlah masyarakat adat yang memenuhi ruang sidang sampai penuh dan sebagian pengunjung harus berdiri di luar karena tidak kebagian tempat.

Salah satu tokoh masyarakat Kao yang juga turut hadir adalah Josias Me. Kepada Syallomnews, mantan anggota dewan ini lagi lagi menyesalkan persoalan adat Boeng ini yang harus diselesaikan secara hukum.

“Secara pribadi dan sebagai tokoh masyarakat Kao saya sangat sesalkan jika masalah sebini sederhana tidak bisa diselesaikan secara adat dan kekeluargaan. Saya sangat sesalkan sekali kalau ada warga Boeng harus masuk penjara karena Sangaji sendiri yang lapor. Ini bukti Sangaji Boeng sudah gagal dalam menjadi pengayom bagi masyarakatnya” kata Josias Me.”

Rencananya Jumat pagi ini jam 10 sidang akan dilanjutkan. Hakim pemeriksa masih memberikan kepada para Pihak mengajukan saksi masing masing. Pemohon masih tetap berharap Penyidik Polres Halmahera Utara dapat mengijinkan Ketiga tersangka bisa dihadirkan dalam sidang Jumat pagi ini (bert07)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments Box

Artikel ini telah dibaca 129 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Masyarakat Adat Minamen Saolat Halmahera Timur Boikot Jalur Logistik Perusahaan Tambang

5 October 2022 - 07:07 WIT

Masyarakat Dua Desa di Halmahera Timur Blokade Aktivitas Pertambangan PT.IWIP dan PT.WBN

3 October 2022 - 07:49 WIT

Aneh ! Sonia, Didatangi dan dipukul di rumahnya sendiri malah  jadi tersangka dan ditahan di Polres Halut

28 August 2022 - 12:52 WIT

Astaga, Dua anak usia 6 tahun kembali jadi korban Percabulan di Halut

19 August 2022 - 09:43 WIT

Jurjen Soenpiet, Politisi Senior PDI  dan Tokoh Gereja Maluku Utara Tutup Usia

16 August 2022 - 12:26 WIT

Disperindag Halut Gratiskan Sidang Tera Alat ukur Timbang di Lokasi Pameran

12 August 2022 - 18:46 WIT

Trending di HUKUM