Menu

Mode Gelap

HUKUM · 12 Aug 2022 18:46 WIT ·

Disperindag Halut Gratiskan Sidang Tera Alat ukur Timbang di Lokasi Pameran


 Disperindag Halut Gratiskan Sidang Tera Alat ukur Timbang di Lokasi Pameran Perbesar

 656 total views,  6 views today

(TOBELO – SN) Dalam kegiatan Pameran Pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Halut, Dinas perdagangan dan perindustrian bidang metrologi dan perlindungan konsumen melaksanakan sidang tera-tera ulang tahun 2022. Kegiatan rutin disperindag kali ini dilaksanakan dengan mengratiskan biaya retribusi kepada para pedagang dan pemilik alat ukur takar timbang peralatan (UTTP).

Untuk menyamakan timbangan milik pedagang maupun pemilik UTTP ke berat yang normal, disperindag bidang metrologi dan perlindung konsumen melakukan sidang tera- tera ulang yang dimulai dari tanggal 11 kemarin sampai tanggal 17 agustus 2022 mendatang. Pelayanan dibuka mulai jam 09.00-16.00 WIT.

Sejauh ini sudah sekitar kurang lebih 30 masyarakat yang datang membawa timbangan di setiap harinya. Masyarakat yang telah di sidang, timbangannya akan diberi segel. Kegiatan dilakukan setiap 1 tahun sekali, kecuali jenis alat UTTP tertentu yang disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Kegiatan kali ini juga dilaksanakan beriringan dengan expo pembanggunan pemda tahun 2022 dan berada tepat di samping stand dinas perindag dan Pertamina.

Kepala bidang metrologi dan perlindungan konsumen Disperindag Halut, Barjes B. Parinussa, ST. Saat di temui wartawan syallomnews Michael Bale, di lokasi kegiatan Menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah mendorong kepada baik Penjual dan pembeli untuk menggunakan alat timbang ukur yang benar dan tidak menimbulkan persoalan ketidak puasan.
“Ini adalah bagian dari tupoksi bidang kami. Melakukan pengukuran tera supaya nantinya setelah itu timbangan mereka disegel. Sehingga jelas ada kepastian Hukum. Kalau pembeli membeli dengan ukuran 1 kilo, yah mereka menerima ukuran 1 kilo juga. Jangan sampai ada yang dirugikan jika ukuran timbangan tidak dikontrol oleh Pemerintah. Pokoknya kami selaku Dinas yang bertanggung jawab akan soal ini, tidak mau ada dusta di antara para penjual dan pembeli dalam soal timbangan”

Ia juga menghimbau agar masyarakat segera melakukan tera-tera ulang terhadap alat ukurnya, karena kegiatan ini tidak dipunggut biaya.
“Kalau biasanya kegiatan sidang tera alat ukur yang kami lakukan setiap tahun itu ada biayanya. Tapi karena ini menyemarakan kegiatan pameran maka kami tidak memungut biaya apapun. Silahkan kami himbau para pedagang atau pelaku usaha yang selalu menggunakan alat timbangan untuk datang ked tans kami sampai tanggal 17 agustus nanti. Mumpung gratis”

Sementara Itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Halmahera Utara, Drs Nyoter Koenoe MM yang dihubungi Syallomnews lewat Telpon Jumat (12/8) siang menyampaikan harapan agar para pedagang yang berjualan dengan menggunakan timbangan, dapat melakukan perhitungan dengan alat timbangan yang sudah diukur dan ditera. Supaya konsumen tidak dirugikan.

“Dinas Perindagkop Halut sangat serius dengan persoalan ini. Penggunaan alat timbangan yang benar dan sudah ditera mutlak harus dipakai para pedagang. Sebab kita tahu bersama bahwa sebagian besar masyarakat Halut itu berjualan kopra, Pala, Cengkeh dll. Termasuk membeli kebutuhan makan minum dan alatnya adalah timbangan. Jadi timbangan yang dipakai harus benar benar yang standar dan terukur” katanya.
Ia berharap agar kesempatan saat pameran ini digunakan dengan baik oleh para pedagang. Sebab perngukuran dan pengecekan alat timbangan ini selama pameran berlangsung sifatnya gratis.

“Yah, ini semacam hadiah Proklamasi dari Pemkab Halut untuk masyarakat dengan adanya kegiatan yang sifatnya gratis ini” Ujar Nyoter (mkh11)

Facebook Comments Box

Artikel ini telah dibaca 94 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Penyuluhan Hukum di Lapas Klas IIB Tobelo, Ada Tahanan bertanya Kenapa Jaksa suka menunda Pembacaan Tuntutan ?

5 December 2022 - 05:15 WIT

Warga Sangaji Jaya Prihatin Kondisi Jalan Kao Barat

4 December 2022 - 11:02 WIT

LBH Rakyat Halut dan Julius Lobiua SH MH adakan penyuluhan Hukum di Lapas Gorua Besok

2 December 2022 - 17:07 WIT

Diskusi Forum Peduli GMIH Hasilkan sejumlah Pikiran Kritis, “Stop setor 30% ke Sinode”

23 November 2022 - 20:41 WIT

Target Jadi Pemenang Pileg 2024 Gantikan Demokrat, Gerindra Halut Adakan Rakorcab

22 November 2022 - 20:53 WIT

Besok, Forum Peduli GMIH  kumpul 1000 presbiter se Malut Untuk Diskusi masalah GMIH

21 November 2022 - 07:04 WIT

Trending di TERBARU