Menu

Mode Gelap

TERBARU · 28 Mar 2019 06:09 WIT ·

Elektabilitas Lasan Silverius Caleg Propinsi meroket tajam pasca beriklan di Radio Syallom


 Elektabilitas Lasan Silverius Caleg Propinsi meroket tajam pasca beriklan di Radio Syallom Perbesar

 1,290 total views,  2 views today

Lasan Silverius SS, Caleg DPRD Propinsi Dapil Halut Morotai Dari PDI Perjuangan nomor urut 9

(SN-TOBELO) Kejutan besar terjadi dalam kontestasi Pileg 2019 khususnya dalam perebutan kursi DPRD Propinsi Maluku utara dari Dapil Halut Morotai. Satu nama baru yang elektabilitasnya meroket tajam di masa kampanye terbuka ini, membuat para pengamat politik lokal ternganga dan terkaget kaget.

Nama Calon DPRD Propinsi dari Partai PDI Perjuangan dengan nomor urut 9, tiba tiba saja tampil menyeruak ke jejeran Politisi yang paling berpeluang meraih kursi ke Sofifi ini. Dialah Lasan Silverius SS, yang diprediksi akan melenggang mulus mengambil salah satu kursi dari Dapil Halut Morotai ini.

Bagaimana tidak, Lasan yang tampil apa adanya tidak dengan Baliho besar dan kartu nama, justeru kini menjadi publik figur Politisi muda nasionalis yang diprediksi lolos dengan limpahan suaran besar.

Kepada Syallomnews Rabu (27/3) di Kantor PDIP Halut, ia menjelaskan bahwa setelah iklan kampanyenya tampil di radio Syallom FM sejak tanggal 24 Lalu, ia menemukan fakta bahwa semakin banyak dukungan yang mengalir kepadanya. Hal itu setelah masyarakat Halut Morotai tahu sedikit visinya di iklan berdurasi 1 menit yang diputar di Radio Syallom sehari 4 kali tersebut.

Lasan mengakui, setelah ia menjadikan radio Syallom sebagai sarana kampanyenya sesuai jadwal KPU maka ia banyak dihubungi oleh masyarakat baik dari Galela pesisir, Sampai di Kao teluk dan Morotai yang menyatakan siap mendukungnya, setelah tahu ia menjadi caleg lewat Iklan radio Syallom.

“Memang sejak awal, saya berpikir bahwa kalau saya mau berkampanye maka saya akan forsis di iklan Radio saja. Menurut saya, ini cara yang paling murah dan sangat efektif di banding harus pasang baliho. Selama 21 hari, Iklan saya diputar lewat Radio Syallom dan ada belasan ribu orang yang mendengarkan. Dibanding saya buang uang puluhan juta untuk pasang baliho, sementara yang lihat baliho Cuma beberapa orang” katanya.

Lasan sangat bersyukur karena setelah namanya selalu muncul di Radio Syallom, ternyata hasil survey dari beberapa lembaga untuk elektabilitas calon Deprov yang akan dipilih masyarakat Halut Morotai adalah Lasan Silverius ini. Ia berasal dari partai besar PDIP dan juga selama ini ia dikenal sangat kritis dalam menyuarakan kepentingan umat Kristen di Halmahera utara. Ia pula satu satunya Politisi Kristen yang berani mempertanyakan kepada Bawaslu Pusat, kenapa sudah 3 periode ini Panwas Halut tidak pernah ada Orang Kristen yang duduk di sana sebagai Komisioner. Ia juga berani menyuarakan ketidak seimbangan yang proporsional menyangkut agama dalam perekrutan Komisioner KPUD di Halmahera utara.

“Saya sangat bersyukur sekali sekarang ini. Justeru saat hari H jelang pemungutan suara, elektabilitas saya semakin meroket meninggalkan calon calon lain. Saya ketemu otang di mana mana dan mereka bilang siap pilih saya nomor 9 setelah mereka dengar iklan saya yang sangat gencar di radio Syallom beberapa hari ini. Jujur saya harus sangat berterima kasih kepada Radio Syallom yang begitu memiliki pendengar terbanyak di Halut dan Morotai ini. Sehingga dari Radio ini, sekarang di mana mana saya ketemu orang selalu saja mereka menyapa sebagai Caleg Propinsi Dapil Halut Morotai daru PDIP nomor urut 9” kata Lasan bersemangat.

Ketika ditanyakan mengenai peningkatan elektabilitas Lasan Silverius sekarang ini dan tingkat keterpilihannya yang jauh meninggalkan calon DPRD Propinsi dari Dapil Halut Morotai, Direktur Radio Syallom Fm Egbert Hoata mengatakan

“Oh itu hal biasa dan sudah diprediksi sebelumnya. Itu belum seberapa karena masyarakat belum mendengar Talkshow dengan Lasan di acara talkshow nanti, banyak yang ia akan sampaikan dan masyarakat akan tahu apa yang sudah diperjuangkan dan yang akan dilakukannya. Sehingga rasa simpati masyarakat untuk memilihnya akan semakin besar. Radio ini khan sangat efektif dipakai sebagai sarana kampanye politisi. Radio bisa menjangkau ribuan orang dalam sekali siaran. Apalagi radio Syallom ini di dengar juga dengan menggunakan toa, di taruh di atas rumah dan di pohon. Sehingga Radio Syallom, termasuk iklan caleg di dengar banyak sekali orang”

Mengenai penyebab tingginya tingkat keterpilihan Lasan yang meninggalkan caleg lain, Egbert melihat bahwa Lasan diuntungkan dengan sebuah kondisi. Saat ini di radio Syallom, hanya Lasan saja Caleg propinsi Dapil Halut Morotai yang beriklan. Dia single fighter di sini, sehingga setiap hari ribuan pendengar Radio Syallom mendengar namanya itu. “Mereka Cuma tahu yah Nama Lasan itu, karena ia bermain sendirian”

Pimpinan Radio Syallom yang juga seorang pengacara ini juga sangat yakin bahwa semua Caleg yang sementara beriklan di Radio Syallom, baik Caleg Kabupaten, Pusat dan DPD pasti mengalamo keuntungan yang sama seperti yang dialami Lasan Silverius saat ini. Pasti belasan Caleg yang sementara iklannya diputar di radio Syallom, juga mengalami peningkatan elektabilitas yang jauh meninggalkan pesaing lainnya.

“Apalagi bulan April nanti nereka akan talkshow di radio. Pasti lebih banyak orang yang bersimpatik dengan mereka dan sekalian memeilih mereka di hari pencoblosan nanti”.

Tapi ia tetap mewanti wanti para caleg yang sudah beriklan di radio Syallom agar tetap waspada dengan usaha pencurian suara yang mungkin saja dilakukan pihak lain atau oknum caleg separtainya.

“Percuma sudah dapat dukungan banyak tapi karena tidak ada saksi pribadi, akhirnya suara dicuri atau dipindahkan ke oknum caleg lain yang kurang suaranya. Sayang khan kalau begitu” kata Egbert mengahiri perbincangan dengan Syallomnews (uht64)

 

Facebook Comments Box

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Penyuluhan Hukum di Lapas Klas IIB Tobelo, Ada Tahanan bertanya Kenapa Jaksa suka menunda Pembacaan Tuntutan ?

5 December 2022 - 05:15 WIT

Warga Sangaji Jaya Prihatin Kondisi Jalan Kao Barat

4 December 2022 - 11:02 WIT

LBH Rakyat Halut dan Julius Lobiua SH MH adakan penyuluhan Hukum di Lapas Gorua Besok

2 December 2022 - 17:07 WIT

Diskusi Forum Peduli GMIH Hasilkan sejumlah Pikiran Kritis, “Stop setor 30% ke Sinode”

23 November 2022 - 20:41 WIT

Target Jadi Pemenang Pileg 2024 Gantikan Demokrat, Gerindra Halut Adakan Rakorcab

22 November 2022 - 20:53 WIT

Besok, Forum Peduli GMIH  kumpul 1000 presbiter se Malut Untuk Diskusi masalah GMIH

21 November 2022 - 07:04 WIT

Trending di TERBARU